| 0 comments ]

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (Undip) tahun akademik 2013/2014 didasarkan pada:

- Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
- UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2013 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2013 adalah sebagai berikut:

a. Seleksi Secara Nasional.

Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.


b. Seleksi Bentuk lain dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka sekitar bulan Mei 2013. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.


c. Seleksi secara Mandiri.

Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri untuk tahun 2013 hanya Jalur UM (Ujian Mandiri). jalur ujian mandiri adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai sekitar bulan Juli 2013. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id . Untuk tahun 2013 jalur mandiri PSSB Kemitraan tidak dibuka lagi.

2. Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip tahun 2013

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2013 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:

1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2013 sampai dengan 28 Februari 2013 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli 2013. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id


3. Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip

Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2013 dilakukan secara mandiri melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2013.


Beasiswa Universitas Diponegoro


Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003). Universitas Diponegoro sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi disamping bertugas menyebarkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni, juga mengemban tugas mendidik mahasiswa yang kelak tidak hanya diharapkan menguasai IPTEKS, tetapi juga menjadi manusia yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa.

Sebagai generasi muda terdidik, mahasiswa merupakan sumberdaya manusia yang sangat potensial bagi pembangunan. Sebagai warga negara, mahasiswa berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kemampuannya (UUD ’45 pasal 31). Dari kedua pernyataan diatas jelas bahwa pemerintah wajib memberikan sarana dan prasarana sehingga mahasiswa memiliki peluang untuk menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu.

Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua orang tua / wali mahasiswa mampu membiayai pendidikan putra/putri mereka di Perguruan Tinggi, sehingga tidak jarang mengakibatkan terganggunya kelancaran studi dan bahkan dengan sangat terpaksa mahasiswa yang kondisi sosial ekonomi lemah ini harus berhenti kuliah.

Meskipun telah banyak lembaga yang ikut serta dalam program beasiswa, namun jumlahnya masih sangat sedikit. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan agar jumlah beasiswa yang ditawarkan terus meningkat, sehingga lebih banyak lagi mahasiswa berasal dari sosial ekonomi lemah dapat terbantu dari beasiswa yang ditawarkan.


Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan pemberian beasiswa oleh pemerintah dan berbagai sumber, seperti dijelaskan diatas merupakan upaya :

1. Pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa yang berprestasi dan kurang berprestasi, namun secara ekonomis tidak atau kurang mampu secara ekonomi.
2. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa sehingga mampu tetap berprestasi dan bergairah dalam menyelesaikan studi.
3. Mendorong mahasiswa berpacu mencapai prestasi akademik yang tertinggi sehingga sumberdaya manusia yang potensial tersebut tidak sia-sia.


Sasaran

Beasiswa dari berbagai sumber secara umum ditujukan kepada semua mahasiswa program regular S 0 dan S1 yang memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemberi beasiswa.

Mahasiswa yang menjadi sasaran adalah mereka yang berasal dari keluarga dengan sosial ekonomi terbatas,berprestasi,yang duduk sebagai mahasiswa aktif pada semester I sampai dengan VI bagi mahasiswa Program S0 dan semester I sampai dengan VIII bagi mahasiswa Program S1.


Persyaratan Beasiswa

Untuk memperoleh beasiswa di Universitas Diponegoro harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut :

A. Persyaratan Umum

1. Terdaftar secara aktif sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro dan tidak atau sedang menjalani cuti atau skorsing akademik.
2. Berasal dari keluarga kurang mampu ekonomi dengan bukti yang akurat.
3. Membuat surat permohonan secara tertulis ditujukan kepada Rektor Universitas Diponegoro melalui Fakultas masing-masing.
4. Tidak sedang menerima beasiswa atau keringanan SPP.
5. Sehat jasmani dan rohani
6. Menyerahkan Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
7. Menyerahkan foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Keluarga (KK)
8. Mengisi formulir beasiswa yang disediakan oleh donor (apabila ada)
9. Mengisi formulir permohonan beasiswa yang diterbitkan oleh Universitas.
10. Mengirimkan laporan kemajuan belajar (KHS, Transkrip) pada akhir semester
11. Membuat tulisan (essay) apabila diminta dari sumber pemberi beasiswa
12. Melampirkan nomor rekening/KTM yang masih aktif atau nomor rekening lain dan nomor telpon/HP sesuai yang diminta oleh sumber pemberi beasiswa
13. Surat Keterangan Dokter Bebas Narkoba bila diminta oleh sumber pemberi beasiswa


B. Persyaratan khusus

Persyaratan khusus untuk beasiswa sangat bervariasi tergantung pada pemberi beasiswa. Persyaratan tersebut antara lain :

1. STTB dan nilai UAN SMU / sederajad (untuk Mahasiswa Semester I)
2. Foto copy rapor kelas III (Beasiswa BMU)
3. Pas foto
4. Rekomendasi Rektor
5. Kartu hasil studi 2 semester terakhir, bukan transkrip
6. Minimal semester
7. Minimal IPK
8. Minimal SKS
9. SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )
10. Berbahasa Inggris baik
11. Lulus test wawancara dan psikotest


Copyright © 2013 ujiantulis.com all rights reserved

0 comments

Post a Comment